PEMBAHASAN
Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur Van neumann, CISC, RISC, blur Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
A.
PERALATAN
INPUT
1. KEYBOARD
Unit input yang paling
popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang
tepat.
2.
ALAT
PENUNJUK
·
Mouse
·
Trackball
·
Touch
Screen
·
Light
Pen
·
Unit
Remote Control
3.
ALAT
INPUT OTOMATIS DATA SUMBER
·
Alat
Pembaca Optis, alat input yang
membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian
menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh :
Scanner, OCR (Optical Character Recognition),
OMR (Optical Mark Reader)
·
Alat
Pembaca Magnetis, alat pembaca yang
menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet.
Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).
4. ALAT
INPUT PENGENAL SUARA
Unit pengenal suara (speech recognition unit)
·
Mikropon
·
Automatic Speech Recognation (ASR)
·
Touchtone
5. ALAT
INPUT VIDEO
Video Camera recorder atau
Camcoder
6.
ALAT
INPUT PENERIMA GERAK
·
Headset
·
Glove
·
Walker
B.
PENYIMPANAN
SEKUNDER
·
Pita
Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
·
Hard
Disk : Removable dan Non removable
·
Floppy
Disk
·
Piringan
Optik : CD, DVD
·
USB
Flash Disk
·
Smart
Card
·
Kartu
memori
C.
PERALATAN
OUTPUT
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1.
Softcopy,
terdiri dari dua jenis :
· Monitor
: CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
· Audio
2.
Hardcopy,
terdiri dari :
· Printer
: Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
· Plotter
: Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Lebar
· Computer
Output Microfilm (COM).
Software
Perangkat
lunak terbagi menjadi dua yaitu:
Perangkat Lunak Sistem
a. Perangkat
lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai
computer.
b.
Ada tiga jenis dasar perangkat lunak
sistem :
1.Sistem Operasi, berfungsi sebagai
interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan
perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
1.Menjadwalkan
Tugas
2.Mengelola
sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3.Menjaga
keamanan sistem
4.Memungkinkan
pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5.Menangani
Interrupt
6.Menyiapkan
catatan pemakaian
2.Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk
melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu
aplikasi pemakai tertentu.
3.Penerjemah Bahasa Komputer
- Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
- Bahasa Generasi Kedua, Assembler
- Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
- Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan.
1.
Database
Query Language
2.
Modelling
Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
3.
Very
High Level Language : PASCAL, APL
4.
Graph
Generators : paket grafik
5.
Report
Writer : COBOL, RPG
6.
Aplication
Generators : program aplikasi pembayaran gaji
Perangkat Lunak Aplikasi
Pemrograman
Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial
informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang
memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
Paket
Jadi
Ada empat kelompok besar :
- Paket Aplikasi Bisnis Umum
- Paket Aplikasi Khusus Industri
- Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
- Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT
SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
Keseluruhan
komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun
tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan
mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output
berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan
perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk
meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan
penciptaan dan transmisi data.
Sumber: http://zaidarrosyid.blogspot.com/2011/11/dasar-dasar-pemrosesan-komputer.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar