Selasa, 08 Mei 2012

Manajemen Konflik Dan Motivasi

ketika suatu konflik muncul di sebuah organisasi, kelompok maupun individu, penyebabnya karena tidak lain tidak bukan karena selalu di identifikasikan komunikasi yang kurang baik dari berepa pihak, begitu juga dengan keputusan yang baru saya di putuskan oleh berepa pihak dan komunikasi yang tidak baik selalu di jadikan kambing hitam. Semua bergantung pada bagaimana cara kita berkomunikasi secara baik dan benar dan cara bagaimana kita merancang informasi dengan benar dalam proses perumusan keputusan. nah begitupun mensosialisasikan hasil keputusan kita kepada pihak-pihak lain, dan riset membuktikan bahwa seorang manajer  lebih banyak menghabiskan 80% waktu kerjanya untuk interaksi verbal dengan orang lain.

Dalam interaksi dalam interelasi sosial antara individu atau antar kelompok merupakan hal yang biasa, walaupun dulu konflik disebut sebagai gejala atau fenomena yang tidak wajar dan menjadi fatal atau berakibat negatif, maupun positif itupun tergantung bagaimana cara kita mengelolannya.

coba kita lihat saja yang terjadi di negara kita ini, anda masih ingat bukan saat ada anggota DPR mempunyai rncana ingin membuat kalender sebanyak 11.200 kalender dengan harga 1,3 milliar rupiah? bayangkan di saat DPR memberi tahu 11.200 kalender dengan harga 1,3 milliar, di saat itu banyak terjadi konflik antara masyarakat, mahasiswa, dan DPR. menurut masyarakat dan mahasiswa itu sangat tidak masuk akal betapa borosnya pengeluaran DPR untuk membuat 11.200 kalender dengan harga yang fantastis itu. di kalangan muda dan tua pun berkomentar tentang pengeluaran DPR yang membuat kalangan-kalangan mulai gerah atas tindakan DPR yang lagi-lagi berulah. dan mahasiswa lebih marah lagi disaat ada yang menbuktikan bahwa membuat 11.200 kalender tidak semahal yang DPR bilang, dan TVONE pun membuktikan, crew TVONE mendatangi tempat dimana DPR membuat kalender tersebut, setelah crew bertanya kepada pembuat kalender crew TVONE langsung menghitung total jumlah kalender yang di di buat DPR dengan jumlah 11.200 kalender.

Ternyata saat di hitung di kalkulator, crew TVONE pun memberi tahu kepada pemirsa di rumah bahwa kalender yang di buat DPR tersebut tidak sampai dengan harga 1,3 milliar, ternyata hasilnya tidak sampai 1,3 milliar, dan kalangan-kalangan pun mulai mempertanyakan kemana saja uang sisa dari 1,3 milliar tersebut. Namun kalangan pun tambah gerah atas sikap DPR tersebut. dan crew TVONE bertanya kepada si pembuat kalender, crew TVONE bertanya bagaimana kalau kalendernya saya tambahkan lebih dari 11.200 kalender, dan crew menanyakan lagi berapa paling mahal 1 kalendernya dan pembuat kalender menjawab bahwa paling mahal kalender berkisar 15rb rupiah, dan crew TVONE kembali menghitung kembali di kalkulator. Dan ternyata walau pun kalender sudah dibuat lebih dari 11.200 tetap saja jumlah total kalender yang ingin di rencanakan DPR tidak sampai 1,3 miliar rupiah, kalangan pun banyak yang memprotes atas ulah DPR.

Ini adalah contoh manajemen konflik antara organisasi dan masyarakat yang ada di indonesia.

Penyebab-penyebab konflik :

  • Faktor Organisasi

 - Tidak ada nya tanggung jawab, atau janji tidak di tepati
 - ada yang tidak setuju dengan perumusan keputusan yang telah berlaku
 - terlalu menghambur hamburkan biaya di dalam organisasi
 - dan timbulnya rasa egois pada seseorang di dalam organisasi
  • Faktor Individu
 - Tidak suka bagaimana cara organisasi tersebut berjalan
 - Mempunyai rasa egoisme di setiap individu.

Akibat-akibat dari Konflik:
  • Dampak Negatif
 - Bisa terjadi perdebatan jangka panjang antara individu dengan organisasi
 - Banyaknya komentar-komentar/cacian yang menanyakan bagaimana cara organisasi tersebut berjalan
 - Adanya kerusuhan karena organisasi tidak bertanggung jawab atas janji yang mereka terapkan.

  • Dampak Positif
 - Organisasi berjalan secara bagus dan lancar.
 - Solidnya kerjasama antara oranr-orang di dalam organisasi
 - Komunikasi pun berjalan lancar
 - Membuat perumusan keputusan-keputan yang inovatif.


MOTIVASI

Dalam organisasi agar semuanya berjalan lancar bekerja keraslah untuk mencapai hasil yang baik untuk masyarakat dan selalu melakukan yang terbaik di dalam organisasi agar tidak semua pekerjaan dan tujuan organisasi tidak terbengkalai, jauhilah sifat egois dan jangan mengambil perumusan kita sendiri melainkan dengan sharing informasi antara individu dengan organisasi, semuanya akan berjalan lancar apabila kita tidak lalai dalam tugasnya masing-masing, dan untuk individu tolong jangan terlalu egois dan hargailah kinerja kerja organisasi yang ada di negara ini. kita memilih berjalannya organisasi karena kita percaya kepada mereka yang menjalankan organisasinya tersebut. maka dari itulah kita harus yakin bahwa negara ini suatu saat pasti akan berubah jika semua optimis bahwa negara ini akan berjalan dengan baik dan benar di suatu saat nanti.
Terimakasih.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar