Sabtu, 08 September 2012
Jumat, 07 September 2012
Peran Penting Manajemen dalam Kehidupan
Manajemen suatu kemampuan untuk membentuk kekuasaan untuk merubah suatu
perilaku atau tingkah laku seseorang dengan berbagai cara, manajemen
sangat berpengaruh dalam hidup kita sehari-hari, karena kita dapat
merubah kehidupan dengan tujuan kita dapat meraih keberhasilan, dan
manajemen pun harus terkordinir dengan baik.
Manajemen dalam organisasi sangat penting dalam berorganisasi, karena dengan di bentuknya manajemen dalam organisasi itu, kita bisa mengetahui kegiatan-kegiatan yang akan di laksanakan secara terstruktur, dan kita bisa mengetahui apa saja yang telah di capai dalam organisasi tersebut, misalnya : dalam biaya yang akan di keluarkan, dan apa yang akan di hasilkan dalam organisasi tersebut. Dan manajemen organisasi adalah kesatuan yang terdiri atas bagian-bagian di dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu, atau kelompok kerja sama antara orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama.
Manajemen dalam organisasi sangat penting dalam berorganisasi, karena dengan di bentuknya manajemen dalam organisasi itu, kita bisa mengetahui kegiatan-kegiatan yang akan di laksanakan secara terstruktur, dan kita bisa mengetahui apa saja yang telah di capai dalam organisasi tersebut, misalnya : dalam biaya yang akan di keluarkan, dan apa yang akan di hasilkan dalam organisasi tersebut. Dan manajemen organisasi adalah kesatuan yang terdiri atas bagian-bagian di dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu, atau kelompok kerja sama antara orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama.
- Pembagian Kerja
- Wewenang dan Tanggung Jawab
- Disiplin
- Kesatuan Perintah
- Mengutamakan Kepentingan Organisasi Di Atas kepentingan Sendiri
Senin, 18 Juni 2012
Tipe - Tipe, Teori, dan Tokoh Kepemimpinan
- Tipe kepemimpinan pribadi (personal leadership). Dalam system kepemimpinan ini, segala sesuatu tindakan itu dilakukan dengan mengadakan kontak pribadi. Petunjuk itu dilakukan secara lisan atau langsung dilakukan secara pribadi oleh pemimpin yang bersangkutan.
- Tipe kepemimpinan non pribadi (non personal leadership). Segala sesuatu kebijaksanaan yang dilaksanakan melalui bawahan-bawahan atau media non pribadi baik rencana atau perintah juga pengawasan.
- Tipe kepemimpinan otoriter (autoritotian leadership). Pemimpin otoriter biasanya bekerja keras, sungguh-sungguh, teliti dan tertib. Ia bekerja menurut peraturan-peraturan yang berlaku secara ketat dan instruksi-instruksinya harus ditaati.
- Tipe kepemimpinan demokratis (democratis leadership). Pemimpin yang demokratis menganggap dirinya sebagai bagian dari kelompoknya dan bersama-sama dengan kelompoknya berusaha bertanggung jawab tentang terlaksananya tujuan bersama. Agar setiap anggota turut bertanggung jawab, maka seluruh anggota ikut serta dalam segala kegiatan, perencanaan, penyelenggaraan, pengawasan, dan penilaian. Setiap anggota dianggap sebagai potensi yang berharga dalam usahan pencapaian tujuan.
- Tipe kepemimpinan paternalistis (paternalistis leadership). Kepemimpinan ini dicirikan oleh suatu pengaruh yang bersifat kebapakan dalam hubungan pemimpin dan kelompok. Tujuannya adalah untuk melindungi dan untuk memberikan arah seperti halnya seorang bapak kepada anaknya.
- Tipe kepemimpinan menurut bakat (indogenious leadership). Biasanya timbul dari kelompok orang-orang yang informal di mana mungkin mereka berlatih dengan adanya system kompetisi, sehingga bisa menimbulkan klik-klik dari kelompok yang bersangkutan dan biasanya akan muncul pemimpin yang mempunyai kelemahan di antara yang ada dalam kelempok tersebut menurut bidang keahliannya di mana ia ikur berkecimpung.
Teori Kepemimpinan
Teori dengan Pengaruh Kepemimpinan
Teori yang dikemukakan oleh French dan Raven (1959) ini menyatakan bahwa kepemimpinan bersumber pada kekuasaan dalam satu kelompok atau organisasi. Dengan perkataan lai, orang atauorang-orang yang memiliki akses terhadap sumber kekuasaan dalam suatu kelompok atau organisasi tertentu akan mengendalikan atau memimpin kelompok atau organisasi itu. Adapun sumber kekuasaan itu sendiri ada tiga macam, yaitu (1) kedudukan, (2) kepribadian, dan (3) politik.
Kekuasaan yang bersumber pada kedudukan
Kekuasaan yang bersumber pada kedudukan terbagi lagi ke dalam beberapa jenis:
a) Kekuasaan Formal atau legal (French & Raven,
1959)
termasuk dalam jenis ini adalah komandan tentara,
kepala dinas, presiden atau perdana mentri dan sebagainya yang mendapat
kekuasaan karena ditunjuk dan/atau diperkuat dengan peraturan atau perundangan
yang resmi.
b) Kendali atas Sumber dan Ganjaran (French &
raven, 1959) Majikan yang menggaji karyawan, majikan yang
mengupah buruh, kepala suku atau kepala kantor yang dapat member ganjaran
kepada bawahannya, dan sebagainya, memimpin berdasarkan sumber kekuasaan
seperti ini.
c) Kendali atas Hukum (French & Raven, 1959) ganjaran biasanya terkait dengan hukuman sehingga
kendali atas ganjaran biasa juga kendali atas hukuman. Walaupun demikian, ada
kepemimpinan yang yang sumbernya hanya kendali atas hukuman saja, ini merupakan
kepemimpinan yang didasarkan pada rasa takut. Contoh para preman yang memungut
pajak kepada pedagang, pedagang akan tunduk kepada preman karena takut akan
mendapat perlakuan kasar.
d) Kendali atas Informasi (French & Raven, 1959) informasi adalah ganjaran positif bagi orang yang
memerlukannya, sehingga siapa pun yang menguasai informasi dapat
menjadipemimpin. Misal adalah orang yang paling tahu arah jalan maka otomatis
dia akan menjadi pimpinan rombingan.
e) Kendali Ekologi (lingkungan) sumber kekuasaan ini dinamakan juga perekayasa
situasi (situational sengineering). Contoh adalah kendali atas penempatan
jabatan (Oldham, 1975). Seorang atasan, manager, atau kepala bagian personality
mempunyai kekuasaan atas bawahannya, karena ia boleh menentukan posisi
anggotanya.
Kekuasaan yang Bersumber pada Kepribadian
Kekuasaan yang Bersumber pada Kepribadian
Berbeda dari kepemimpinan kekuasaan, kekuasaan yang
bersumber pada kepribadian berawal dari sifat-sifat pribadi, yaitu sebagai
berikut;
a) Keahlian atau Ketrampilan (French & Raven,
1959)
Dalam agama Islam, orang yang menjadi imam adalah
orang yang paling fasih membaca ayat Al-Qur’an. Demikian pula dalam pesawat
atau kapal, orang yang paling ahli dalam mengemudilah yang akan menjadi
pemimpin.
b) Persahabatan atau Kesetiaan (French & Raven,
1959)
Sifat dapat bergaul, setia kawan atau setia kepada
kelompok dapat merupakan sumber kekuasaan, sehingga seseorang dianggap sebagai
pemimpin.
c) Karisma (House, 1977) Ciri kepribadian yang menyebabkan timulnya
kewibawaan pribadi dari pemimpin juga merupakan salah satu sumber kekuasaan
dalam proses kepemimpinan. Mengenai hal ini dibicarakan tersendiri dalam teori
bakat.
Kekuasaan yang Bersumber pada Politik
Kekuasaan yang bersumber pada politik terdiri atas
beberapa jenis (Pfeffer, 1981)Kekuasaan yang Bersumber pada Politik
a) Kendali atas Proses Pembuatan Keputusan (Pfeffer
& Salanick, 1974) dalam organisasi, ketua menetukan apakah suatu
keputusan akan dibuat dan dilaksanakan atau tidak. Dan sebagainya.
b) Koalisi (Stevenson, Perace & Porter, 1985) kepemimpinan atas dasar sumber kekuasaan politik
ditentukan juga atas hak atau kewenangan untuk membuat kerja sama denga
kelompok lain.
c) Partisipasi (Pfeffer, 1981) pemimpin mengatur partisipasi anggotanya, siapa yang boleh berpartisipasi, dalam bentuk apa tiap anggota berpartisipasi, dan sebagainya.
d) Institusionalisasi Pemimpin agama menikahkan pasangan suami istri,
menentukan terbentuknya keluarga baru. Notaris atau hakim menetukan berdirinya
suatu yayasan atau perusahaan baru. Dan sebagainya.
Teori Bakat
Teori bakat dinamakan juga teori sifat (trait),
teori karismatik atau teori transformasi. Inti dari teori ini adalah bahwa
kepemimpinan terjadi karena sifat-sifat atau bakat yang khas yang terdapat dalam
diri pemimpin yang dapat diwujudkan dalam prilaku kepemimpinan. Sifat atau
bakat itu dinamakan karisma atau wibawa. Sebagai contoh adalah Bung Karno,
Adolf Hitler, Fidel Castro, Mahatma Gandhi, Ibu Theresa dan Martin Luther King.
Tokoh-tokoh ini memiliki sifat yang tidak dimiliki pemimpin-pemimpin lain.
Di pihak lain, pemimpin-pemimpin karismatik tidak
dapat disamakan dengan tokoh-tokoh yang kewibawaan, kekuasaan atau
kepemimpinannya bersumber atau ditopang oleh legenda-legenda, mitos, dan
dongeng-dongeng. Misal keturunan raja, bangsawan, orang sakti, keturunan yang
dianggap titisan dewa dan sebagainya.
Karisma yang ditunjang oleh oleh mitos dan legenda
ini bukanlah dating dari bakat atau sifat pribadi yang bersangkutan, sehingga
tidak dapat digolongkan dalam teori bakat yang sedang kita bicarakan ini.
Teori bakat menurut Hourse (1977) bahwa karisma yang
berupa bakat atau sifat adalah hal yang dapat dijelaskan secara objektif
ilmiyah, sehingga dapat diteliti, diukur, dan diuktikan keberadaanya.
Teori bakat menurut Baas (1985) ada factor-faktor
tambahan lain yang menyebabkan lahirnya kepemimpinan karismatik selain faktor
bawaan sejak lahir yang dikemukakan oleh Hourse, yaitu factor anteseden (hal
yang mendahului terjadinya seorang pemimpin), faktor atribusi (keyakinan
sendiri) dan faktor konsekuensi dari kepemimpinan.
Teori bakat menurut Conger dan Kanungo (1987) bahwa
kepemimpinan karismatik terutama bersifat atributif, yaitu karena adanya
ciri-ciri tertentu dari pemimpin yang dipersepsikan oleh para pengikut
bersarkan pengamatan pengikut terhadap prilaku pemimpin.
Teori Tranformasional menurut Robert (1984) bahwa
pemimpin karismatik dapat juga terjadi dalam kelompok-kelompok yang sangat
terorganisasi. Berbeda dari pendapat sebelumnya yang seakan-akan menyatakan
bahwa kepemimpinan karismatik tidak dapat berjan pada kelompok-kelompok yang
sangat terorgaisasi.
Karisma: Negatif atau Positif?
Ykul (1989) mengemukakan bahwa sejarah telah
mencatat pemimpin-pemimpin karismatik yang telah member dampak positif yang sangat
luar biasa kepada kelompoknya, bahkan terhadap umat manusia secara keseluruhan,
seperti Mahatma Gandhi dan Martin Luther King. Di pihak lain sejarah juga
mencatat pemimpin-pemimpin karismatik yang memberikan dampak negative dan
kehancuran, seperti Adolf Hitler. Pertanyaan yang timbul adalah “Apakah
pemimpin karismatik berdampak positif atau negatif bagi pengikutnya?”.
Pertanyaan ini semakin perlu dijawab karena banyak pemimpin karismatik yang
sulit digolongkan dalam salah satu jenis tersebut. Bahkan ada yang berpengaruh
negatif di satu pihak namun positif di pihak yang lain.
Musser (1987) mengusukan kriteria yang berbeda
antara pemimpin karismatik yang positif dan negatif. Ciri pemimpin karismatik
yang negatif adalah yang lebih mementingkan tujuan dirinya sendiri daripada
idiologi-idiologinya.
Teori Perilaku
Teori prilaku memusatkan perhatiannya pada perilaku
pemimpin dalamkaitannya dengan struktur dan organisasi kelompok. Oleh karena
itu, teori prilaku ini lebih sesuai untuk kepemimpinan dalam lingkungan
organisasi atau perusahaan, karena peran pemimpin digariskan dengan jelas.
Teori perilaku menurut beberapa ahli, antara lain;
Mintzberg (1973) mengemukakan sepuluh peran pemimpin
(manager) sebagai berikut; Peran dalam hubungan antarpribadi adalah sebagai
pemimpin, penghubung dan panutan (figurehead). Peran yang berkaitan dengan
pemrosesan informasi adalah sebagai pemantau, penyebaran informasi dan juru
bicara. Peran yang berkaitan dengan pembuatan keputusan adalah sebagai
wiraswasta, penyelesaian gangguan, pengalokasian sumber, dan negosiator.
Bagaimana seorang pemimpin memenuhi kesepuluh peran
itu, hal itu akan ditentukan bagaimana kepemimpinannya. Mereka akan memiliki
kecocokan dengan salah satu peran, dan biasanya mereka akan unggul dalam hal
itu.
Page (Page, 1985 & Tornow, 1987) juga memusatka
teori kepemimpinannya pada peran yang dibawakan pemimipin dalam posisi
managerial. Menurutnya ada Sembilan kewajiban dan tanggung jawab manager dalam
organisasi. Yaitu penyelia (supervising), perencan dan pengorganisasi, pembuat
keputusan, pemantau indicator, pengendalian, perwakilan, pengkooordinasi,
konsultasi, dan administrasi.
Sebagai manager sudah barang tentu seseorang yang
dapat menduduki sembilan peran tersebut. Namun, setiap orang memiliki kemampuan
tersendiri, sehingga ada yang kuat di peran tertentu dan lemah di peran yang
lain.
Tokoh Kepemimpinan
Barack Obama adalah Presiden ke-44 Amerika Serikat,
setelah memenangkan kampanye pemilu melawan John McCain. Ia juga Afrika Amerika
pertama yang telah menjadi Presiden di Amerika Serikat.
Sejarah Singkat
Barack Obama lahir di Hawaii pada tahun 1961. Dia
memiliki keturunan multiras, dengan ibunya dari Jerman dan Irlandia, dan
ayahnya dari Kenya. Pada usia 3 tahun, orang tua Obama bercerai, dan ibunya
menikah lagi dengan seorang mahasiswa Indonesia. Tiga tahun kemudian,
keluarganya harus pindah ke Jakarta karena pemerintah Indonesia menarik semua
warga Indonesia di luar negeri. Ia kembali ke Honolulu pada tahun 1971 untuk
tinggal bersama kakek-nenek pihak ibu. Dari sana ia menyelesaikan pendidikannya
di Columbia University dan bekerja selama satu tahun.
Ia aktif membantu komunitas Illinois dengan
partisipasi aktifnya dalam pekerjaan sukarela dan berkecimpung ke dalam dunia
politik pada tahun 1996, di mana ia terpilih ke Senat Illinois. Pada tahun
2004. Di senat ia memenangkan secara menyolok dengan 70% suara dan pada tahun
2005, ia dilantik sebagai senator pada 4 Januari 2005, menjadi anggota Senat
hanya dari Kongres Kaukus Hitam.
Pada tanggal 10 Februari 2007, Obama mengumumkan
pencalonannya untuk Presiden Amerika Serikat. Dia menang atas Hillary Clinton
dalam Partai Demokrat, yang kemudian disahkan pada dirinya dan mendukung
kampanye melawan John McCain dari Partai Republik.
Pada tanggal 4 November 2008, ia menjadi orang
Afrika Amerika pertama yang terpilih sebagai presiden dan menyampaikan pidato
kemenangan di hadapan ratusan ribu orang.
Kutipan terbaik dari presiden Barack Obama tentang kepemimpinan.
Amerika … masih percaya pada Amerika di mana
semuanya mungkin – mereka hanya tidak berpikir para pemimpin mereka lakukan.
Tapi apa yang bisa kita lakukan, seperti cacat kita,
masih melihat Allah pada orang lain, dan melakukan yang terbaik untuk membantu
mereka menemukan kasih karunia mereka sendiri.
Itulah yang saya berusaha
lakukan, itulah yang saya doakan untuk dilakukan setiap hari.
Perubahan tidak akan datang jika kita menunggu untuk
beberapa orang lain atau lain waktu.
Kami adalah yang kami tunggu-tunggu. Kami
adalah perubahan yang kita cari.
Perguruan tinggi memainkan peran penting dalam
membantu transisi orang antara karir dengan menyediakan retooling yang mereka
butuhkan untuk mengambil karir baru.
Berlawanan dengan klaim dari beberapa kritikus saya
dan beberapa halaman editorial, Saya seorang beriman bersemangat di pasar
bebas.
Fokus hidup Anda yang hanya pada membuat uang
menunjukkan kemiskinan ambisi tertentu. Ini meminta terlalu sedikit dari diri
sendiri. Karena itu hanya ketika halangan gerobak Anda untuk sesuatu yang lebih
besar dari diri Anda bahwa Anda menyadari potensi sejati Anda.
Saya tidak menentang semua perang. Apa yang saya
tentang adalah perang bodoh. Apa yang saya tentang adalah perang ruam.
Saya pikir ketika Anda menyebarkan kekayaan sekitar
itu baik untuk semua orang.
Aku punya dua putri. 9 tahun dan 6 tahun. Saya akan
mengajar mereka pertama-tama tentang nilai-nilai dan moral.
Tetapi jika mereka
melakukan kesalahan, saya tidak ingin mereka dihukum oleh seorang bayi.
Jika Anda berjalan di jalan yang benar dan Anda
bersedia untuk terus berjalan, akhirnya Anda akan membuat kemajuan.
Selasa, 08 Mei 2012
Manajemen Konflik Dan Motivasi
ketika suatu konflik muncul di sebuah organisasi, kelompok maupun individu, penyebabnya karena tidak lain tidak bukan karena selalu di identifikasikan komunikasi yang kurang baik dari berepa pihak, begitu juga dengan keputusan yang baru saya di putuskan oleh berepa pihak dan komunikasi yang tidak baik selalu di jadikan kambing hitam. Semua bergantung pada bagaimana cara kita berkomunikasi secara baik dan benar dan cara bagaimana kita merancang informasi dengan benar dalam proses perumusan keputusan. nah begitupun mensosialisasikan hasil keputusan kita kepada pihak-pihak lain, dan riset membuktikan bahwa seorang manajer lebih banyak menghabiskan 80% waktu kerjanya untuk interaksi verbal dengan orang lain.
Dalam interaksi dalam interelasi sosial antara individu atau antar kelompok merupakan hal yang biasa, walaupun dulu konflik disebut sebagai gejala atau fenomena yang tidak wajar dan menjadi fatal atau berakibat negatif, maupun positif itupun tergantung bagaimana cara kita mengelolannya.
coba kita lihat saja yang terjadi di negara kita ini, anda masih ingat bukan saat ada anggota DPR mempunyai rncana ingin membuat kalender sebanyak 11.200 kalender dengan harga 1,3 milliar rupiah? bayangkan di saat DPR memberi tahu 11.200 kalender dengan harga 1,3 milliar, di saat itu banyak terjadi konflik antara masyarakat, mahasiswa, dan DPR. menurut masyarakat dan mahasiswa itu sangat tidak masuk akal betapa borosnya pengeluaran DPR untuk membuat 11.200 kalender dengan harga yang fantastis itu. di kalangan muda dan tua pun berkomentar tentang pengeluaran DPR yang membuat kalangan-kalangan mulai gerah atas tindakan DPR yang lagi-lagi berulah. dan mahasiswa lebih marah lagi disaat ada yang menbuktikan bahwa membuat 11.200 kalender tidak semahal yang DPR bilang, dan TVONE pun membuktikan, crew TVONE mendatangi tempat dimana DPR membuat kalender tersebut, setelah crew bertanya kepada pembuat kalender crew TVONE langsung menghitung total jumlah kalender yang di di buat DPR dengan jumlah 11.200 kalender.
Ternyata saat di hitung di kalkulator, crew TVONE pun memberi tahu kepada pemirsa di rumah bahwa kalender yang di buat DPR tersebut tidak sampai dengan harga 1,3 milliar, ternyata hasilnya tidak sampai 1,3 milliar, dan kalangan-kalangan pun mulai mempertanyakan kemana saja uang sisa dari 1,3 milliar tersebut. Namun kalangan pun tambah gerah atas sikap DPR tersebut. dan crew TVONE bertanya kepada si pembuat kalender, crew TVONE bertanya bagaimana kalau kalendernya saya tambahkan lebih dari 11.200 kalender, dan crew menanyakan lagi berapa paling mahal 1 kalendernya dan pembuat kalender menjawab bahwa paling mahal kalender berkisar 15rb rupiah, dan crew TVONE kembali menghitung kembali di kalkulator. Dan ternyata walau pun kalender sudah dibuat lebih dari 11.200 tetap saja jumlah total kalender yang ingin di rencanakan DPR tidak sampai 1,3 miliar rupiah, kalangan pun banyak yang memprotes atas ulah DPR.
Ini adalah contoh manajemen konflik antara organisasi dan masyarakat yang ada di indonesia.
Penyebab-penyebab konflik :
- Faktor Organisasi
- Tidak ada nya tanggung jawab, atau janji tidak di tepati
- ada yang tidak setuju dengan perumusan keputusan yang telah berlaku
- terlalu menghambur hamburkan biaya di dalam organisasi
- dan timbulnya rasa egois pada seseorang di dalam organisasi
- Faktor Individu
- Tidak suka bagaimana cara organisasi tersebut berjalan
- Mempunyai rasa egoisme di setiap individu.
Akibat-akibat dari Konflik:
- Dampak Negatif
- Bisa terjadi perdebatan jangka panjang antara individu dengan organisasi
- Banyaknya komentar-komentar/cacian yang menanyakan bagaimana cara organisasi tersebut berjalan
- Adanya kerusuhan karena organisasi tidak bertanggung jawab atas janji yang mereka terapkan.
- Dampak Positif
- Organisasi berjalan secara bagus dan lancar.
- Solidnya kerjasama antara oranr-orang di dalam organisasi
- Komunikasi pun berjalan lancar
- Membuat perumusan keputusan-keputan yang inovatif.
MOTIVASI
Dalam organisasi agar semuanya berjalan lancar bekerja keraslah untuk mencapai hasil yang baik untuk masyarakat dan selalu melakukan yang terbaik di dalam organisasi agar tidak semua pekerjaan dan tujuan organisasi tidak terbengkalai, jauhilah sifat egois dan jangan mengambil perumusan kita sendiri melainkan dengan sharing informasi antara individu dengan organisasi, semuanya akan berjalan lancar apabila kita tidak lalai dalam tugasnya masing-masing, dan untuk individu tolong jangan terlalu egois dan hargailah kinerja kerja organisasi yang ada di negara ini. kita memilih berjalannya organisasi karena kita percaya kepada mereka yang menjalankan organisasinya tersebut. maka dari itulah kita harus yakin bahwa negara ini suatu saat pasti akan berubah jika semua optimis bahwa negara ini akan berjalan dengan baik dan benar di suatu saat nanti.
Terimakasih.
Kesan dan Pesan
kesan saya belajar di lab internet dasar sebenarnya cukup lumayan karena saya belum tau seperti apa pembelajaran di dalam lab internet dasar tersebut, tetapi saat saya baru masuk ke pelajaran internet dasar ternyata lumayan seru juga karena cara tutor arrum mengajarkan materi kepada saya lumayan mengasyikan, walapun tugas LA nya lumayan banyak juga, tetapi tetep menyenangkan.
untuk pesannya, mohon dong universitas gunadarma merombak kembali lab internet dasar agar bisa di akui menjadi lab yang bagus di gunadarma, karena saya lihat masih banyak komputer yang masih rusak dan mati, karena itu tolong sekali lagi untuk lab internet dasar agar semua fasilitasnya untuk di tingkatkan agar pelajaran lab internet dasar pun menjadi nyaman.
untuk pesannya, mohon dong universitas gunadarma merombak kembali lab internet dasar agar bisa di akui menjadi lab yang bagus di gunadarma, karena saya lihat masih banyak komputer yang masih rusak dan mati, karena itu tolong sekali lagi untuk lab internet dasar agar semua fasilitasnya untuk di tingkatkan agar pelajaran lab internet dasar pun menjadi nyaman.
Minggu, 06 Mei 2012
SEO ( Search Engine Optimization )
SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Webmaster dan mesin pencari
Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa [webmaster] (pengelola website) melakukan segala hal untuk dapat terindeks pada urutan teratas hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif dan ilegal. Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama, melakukan perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan "meta tag" yang tidak relevan.
Bagaimanapun, dalam beberapa hal mesin pencari juga menyadari nilai ekonomi yang besar dari peringkat hasil pencarian, dan mereka kadang-kadang memiliki kepentingan terselubung dari aktivitas perusahaan SEO. Beberapa perusahaan mesin pencari mengirim perwakilan atau menjadi tamu pada event-event rutin yang diselenggarakan komunitas SEO.
Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo! menyediakan program dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool (anda harus mempunyai akun di Google guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program Site Explorer (juga harus login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan segala cara.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Backlink & Blog walking
Ini yang penting. Saya gak perlu menjelaskan ini lebih rinci karena pasti anda sudah tahu tentang ini. Intinya bagaimana web anda bisa dilink oleh web lain yang topiknya sejenis kalau bisa, tapi kalau enggak juga gak apa-apa. Dari pengalaman yang saya liat selama ini link yang tidak setopik memang kurang greget, tapi cukuplah untuk nambah-nambah poin untuk ningkatin pagerank. Demikian juga dengan blog walking, yakni dengan memberikan komentar yang tentunya baik dan relefan dengan topik di sejumlah blog dengan harapan mendapatkan tautan balik ke web kita.
TIPS DAN TRIK SEO
1. Peraturan standar bagi para newbie adalah mendaftarkan blog yang baru di buat di HAMPIR SEMUA BLOG DIRECTORY jangan pantang menyerah dan merasa puas dengan hanya mendaftarkan di beberapa blog directory. Raih blog directory sebanyak sobat bisa!
2. BLOGWALKING, nah ini juga “peraturan wajib” bagi gw dan sebagai salah satu sumber traffic blog kita yang baru dibuat karena orang-orang musti tau blog kita dulu sebelum bisa diindeks langsung oleh mbah google.
3. Daftarkan di search engine terkemuka dan banyak digunakan oleh kebanyakan user. untuk para sobat yang gak mau repot bisa mencoba submit DISINI dan DISINI
4. Mendaftar di free backlink yang menyediakan kita link gratis yang cukup banyak sobat bisa coba salah satunya DISINI
5. Optimasi Meta Tag blog para sobat baik dari segi teknis maupun tampilan, untuk masalah teknis sobat bisa cek dengan tools SUBMIT EXPRESS dan SCRUB THE WEB, dengan tools ini sobat bisa mengoptimalkan meta tag sobat jadi lebih SEO friendly
6. SKSD (alias sok kenal sok deket >.<) sobat jangan malu dan sungkan untuk memberi komentar di blog lain meskipun kita baru pertama kali berkunjung ke blog itu, dengan gitu di harapkan si pemilik blog akan membalas kunjungan sobat dan mungkin langsung menawarkan tukaran link (link exchange)
7. Berusaha minta tolong kepada blogger lain yang lebih menguasain masalah tampilan blog karena meskipun info kita menarik klo tampilannya kurang menarik pengunjung blog sobat juga gak betah berlama-lama. motto gw “VISITOR IS KING” jadi perlakukan pengunjung blog kita sebagai raja dengan memberikan yang terbaik dalam blog para sobat ^_^.
8. Perbanyak update postingan para sobat sehingga mbah goggle akan lebih banyak mengindek blog sobat dan pada akhirnya akan meningkatkan traffic ke blog sobat *_*.
9. Daftarkan blog sobat di google sitemap, gunanya sebagai petunjuk google bot akan isi blog sobat sehingga google bot akan lebih fokus dan lebih sering mengindeks blog sobat, untuk mendaftar di sitemap google sobat bisa daftar DISINI
10. Berdoa berharap blog sobat cepat mendapat PageRank yang tinggi oleh mbah google… AMIEEN!
SUMBER : http://www.ad4msan.com/2009/06/tips-and-trik-seo-google-pagerank.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari
SUMBER : http://www.ad4msan.com/2009/06/tips-and-trik-seo-google-pagerank.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari
Cara Membuat Chatbox pada Pingbox
Apakah Yahoo! Messenger Pingbox? Adalah fasilitas chatting menggunakan yahoo messenger langsung dari website pribadi, blog, atau halaman website lainnya, tanpa harus punya account Yahoo Messenger bagi si pengunjung.
Cara membuatnya :
- Klik http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/
- Pilih menu Pingbox™
- Tekan tombol Buat Pingbox
- Di jendela Pingbox Baru tentukan tema latar belakang, nama tampilan (yaitu nama yang akan terlihat oleh pengujung yang chat), salam sambutan online, pesan saat offline, dan tentukan nama untuk setting kamu ini
- Klik tombol simpan
- Setelah itu akan muncul layar untuk masuk ke account email Yahoo, masukkan nama dan password email yahoo, jika belum punya daftar saja kan gratis
- Akan muncul layar “Pingbox Baru siap ditambahkan ke situs web”, di situ memberikan pilihan apakan akan ke sembarang situs atau situs lain yang tersedia semisal friendster, blogger, wordpress dll
- Di bawah akan muncul muncul kode untuk dicopy paste ke website/blog kita.
- Contoh hasil pingbox seperti dibawah ini:
Langganan:
Postingan (Atom)